Harta Karun

Koleksi dokumen-dokumen Harta Karun merupakan kumpulan naskah yang sudah dialih-aksara serta dialih-bahasakan dan terus bertambah jumlahnya. Koleksi dokumen ini sangat penting untuk memahami sejarah Kepulauan Indonesia dan perjumpaan Asia dengan Eropa di kurun waktu awal modern. Para sejarawan bersama para arsiparis bekerja sama di ANRI untuk menyajikan pilihan dokumen-dokumen dari seri yang sudah didigitalisasikan dalam situs internet. Dokumen-dokumen terpilih dan sudah diterjemahkan dibagi dalam empat kategori utama serta duapuluh empat sub-kategori terdapat dalam daftar yang Anda dapat unduh dokumen-dokumen tersebut yang semuanya dihimpun dalam ‘Seluruh Dokumen’.

Harta Karun merupakan koleksi yang bertumpu pada sumber-sumber primer yang terkandung dalam arsip VOC di ANRI dan hingga sekarang belum terlalu sering dimanfaatkan. Sekelompok arsiparis dan sejarawan dunia yang mengkhususkan diri pada pemanfaatan arsip VOC menyeleksi, menyiapkan serta menerbitkan dokumen-dokumen tersebut dibantu sejumah penerjemah yang terlatih. 

Salah satu prinsip dalam melakukan pemilihan adalah mengidentifikasikan dokumen-dokumen yang dapat menyingkap sejarah lokal dan regional Nusantara di era pra-kolonial serta awal modern yaitu dalam rentang 200 tahun antara 1600 dan 1800. Nusantara adalah nama yang digunakan pada masa lampau bagi Kepulauan Indonesia di zaman kerajaan-kerajaan besar Sriwijaya dan Majapahit. Kami memilih nama Nusantara oleh karena banyak ciri masa lalu Nusantara masih berperan di abad ketujuhbelas dan kedelapanbelas. Ribuan dokumen dalam arsip VOC sebenarnya ditulis oleh para penguasa dan masyarakat Nusantara. Kendati sebagian besar dari dokumen-dokumen asli tersebut sudah hilang, namun terjemahannya dalam bahasa Belanda kuno masih bertahan. 

>> selanjutnya baca

Dunia Melayu - Indonesia Kawasan Maritim Asia, Arab dan Persia, serta Afrika Selatan Interaksi Asia - Europa Kota Batavia dan Kawasan Sekitarnya