Weblinks

Arsip di ANRI terkait dengan sumber-sumber sejarah lain di dunia. Arsip abad ke-17 dan ke-18 ditulis dalam bahasa Belanda dan para peneliti sejarah perlu sekali untuk dapat membaca naskah-naskah bersangkutan. Alih aksara dan penerjemahan ke bahasa-bahasa lain akan semakin penting untuk para peminat sejarah Nusantara yang jumlahnya diperkirakan akan semakin bertambah. Juga diperlukan pengetahuan tentang konteks sejarah yang berhubungan dengan arsip tersebut.

Kami menghimpun kaitan-kaitan dengan berbagai laman yang berhubungan dengan arsip tersebut. Dengan demikian ada tambahan informasi latar belakang perihal Kompeni (VOC) itu sendiri dan juga perihal administrasi serta arsip perusahaan tersebut. Kaitan dengan bahan pelajaran bahasa Belanda dapat membantu peminat untuk membaca tulisan tangan serta pengalihan aksara yang diperlukan.

Website Perpustakaan Universitas Leiden dengan link untuk mendigitalkan dokumen dan peta untuk koleksi KIT.
Sebagai contoh lihat: 
- Mesin pencari untuk Java
- Sebuah peta rinci dari Jawa
Sebuah laman Belanda tentang dokumen-dokumen resmi abad pertengahan dari kawasan di Utara Negeri Belanda sekarang. Petunjuk tentang pengalihan aksara untuk naskah dalam bahasa ‘Middelnederduits” (Belanda-Jerman Tengah) abad ke-12 hingga ke-14.
Sebuah laman Universitas Amsterdam. Kursus membaca dan mengalihaksara naskah berbahasa Belanda abad ke-16 hingga ke-18.
Laman Inggris National Archives, menitikberatkan pada paleografi bahasa Inggris antara 1500 dan 1800.
Sebuah laman Belanda dari ‘ Institute for Dutch History’ (Lembaga Sejarah Belanda). Publikasi pangkalan data yang dapat ditelusuri terkait istilah-istilah Belanda yang dipakai dalam naskah-naskah abad ke-17 dan ke-18. Istilah-istilah tersebut bersama maknanya kini dikumpulkan dari rangkaian terbitan  'Rijks Geschiedkundige Publicatiën'.
Sebuah laman Belanda dalam bahasa Inggris tentang Proyek TANAP. Proyek tersebut sudah berakhir tahun 2007, namun lamannya masih berisi sejumlah besar informasi terkait arsip serta lembaga yang berperanserta dalam proyek itu, serta sejumlah pangkalan data yang dapat ditelusuri. Salah satu hasil proyek TANAP adalah pembuatan serta penerbitan daftar inventaris arsip VOC yang terdapat di ANRI.