Buku-buku Plakat Kastel Batavia 1602–1808

Di pusat administrasi, Kastel Batavia, Pemerintah Agung VOC di Asia telah menerbitkan ribuan plakat (pengumuman resmi), larangan-larangan, surat-surat keputusan, peraturan-peraturan, dan pemberitahuan-pemberitahuan selama abad tujuh belas dan delapan belas. Banyak dari keputusan-keputusan ini atau ‘plakaten’ (plakat) dipublikasikan dan ditempelkan di pintu balaikota (stadhuis) atau tempat umum lainnya. Plakat-plakat ini kebanyakan ditujukan untuk mengatur pasar-pasar, kontrak-kontrak sewa, lembaaga-lembaga, kependudukan (khususnya orang Cina) dan prilaku masyarakat Batavia. Sejumlah plakat lainnya memuat aturan-aturan untuk pegawai VOC, perdagangan, urusan maritim, pemulangan (pegawai) atau repatriasi, dan gaji. Administrasi desa dan para bupati Priangan juga sesekali muncul di plakat atau pengumuman ini.

‘Plakat’ adalah –mengacu ke terminologi kearsipan Belanda- ‘suatu peraturan yang ditujukan untuk publikasi umum, dipublikasikan dengan segel bermeterai, ‘plakat’. Istilah ‘Hukum’ memiliki beberapa makna selama ‘Ancien Regime’ di Eropa atau era VOC (1609-1799). Dalam bahasa tuturan abad 18, hukum berarti keputusan-keputusan yang sudah dirumuskan yang ditujukan untuk masyarakat umum, dipublikasikan dalam bentuk plakat di tempat-tempat umum kota. Semisal publikasi plakat di Republik Belanda (contohnya ‘Groot Placaatboek van Utrecht’), plakat Kastel Batavia agak lebih menyerupai campuran semua jenis hukum dan peraturan. Kumpulan Plakat yang diterbitkan oleh Dewan Politik di Colombo telah diterbitkan dalam L. Hovy, Ceylonees plakaatboek (Buku Plakat Sailan) (2 jilid, Hilversum: Verloren, 1995).

Kantor Landsarchief, kini menjadi ANRI, dahulu adalah satu-satunya tempat yang menyimpan khazanah plakat dan surat-surat keputusan. Khazanah ini adalah seri pertama arsip Landsarchief. Jilid pertama diterbitkan tahun 1885 oleh Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (Ikatan Kesenian dan Ilmu Pengetahuan Batavia, 1778-1962).

Tidak jelas seberapa komprehensifnya 17 jilid publikasi sumber ini sebenarnya. Apa yang kita ketahui adalah bahwa publikasi ini telah diawasi oleh landsarchivaris (arsiparis negara), J.A. van der Chijs, antara tahun 1885-1900. Van der Chijs tidak memberikan rujukan apapun. Namun, dari pendahuluan oleh Van der Chijs di jilid pertama, telah jelas bahwa beliau telah memilih seleksi yang sangat luas. Beliau juga memasukkan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan kegiatan dan urusan pribadi yang tidak dimaksudkan untuk publikasi umum. Publikasi ini seperti catatan tentang hari-hari ibadah masyarakat umum.

Lanjutkan ke penelusuran Plakat >>