Berita

Dalam bagian berita ini diberikan pengumuman singkat terkait berbagai prakarsa baru yang diambil kelompok proyek DASA. Termasuk di dalamnya, tentang loka karya, pelatihan, konferensei, presentasi dan kunjungan staf serta anggota dewan dari dan ke Indonesia; juga pengumuman tentang seri-seri baru; temuan penelitian serta aneka penerbitan digital baru.

13 Nov. 2016: Surat-surat diplomatik Siam secara resmi di diterbitkan
Pada pertemuan budaya internasional of the Dutch Trade Heritage Network se Asia Tenggara, yang diselenggarakan di Baan Hollanda Pusat Informasi (Ayutthaya, Thailand), pada 14 November 2016 sebuah buku telah dipulikasikan tentang surat-surat diplomatik pada abad ke-17 dan ke-18. Surat-surat ini ditemukan dalam arsip VOC Arsip Nasional Indonesia (Arsip Nasional Republik Indonesia, ANRI).

selanjutnya baca...

1 Juni 2016: Surat-surat Diplomatik Nusantara di Koleksi St. Petersburg, Rusia
Tahun 1910, kolektor berkebangsaan Rusia dan akademisi N.P. Likhachev (1862-1936) membeli koleksi langka surat-surat Melayu dari rumah lelang Muller di Amsterdam. Lebih awal lagi, tahun 1890, beberapa surat Cina dibeli di Paris dari toko barang antik Saffroi.

selanjutnya baca...

27 Mei 2016: Deskripsi Pertama dari Dokumen Lampiran Resolusi (Keputusan) Telah Dipublikasi
Deskripsi 600 dokumen awal dari seri arsipVOC terbesar di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sekarang sudah tersedia online. Ketika sudah selesai didigitalisasi, seri lampiran akan mencakup sekitar 555.000 pindaian.

selanjutnya baca...

13 April 2016: Pangkalan Data Catatan Harian Marginalia Kastil Batavia Berhasil Diselesaikan
Setelah secara marathon selama tiga bulan. Dr. Hendrik. E. Niemeijer, menyelesaikan marginalia Catatan Harian Kastil Batavia periode 1659-1682. Bagian besar dari marginalia ini telah ditranskripsi oleh Drs. Mona Lohanda tahun 2013. Selama periode tiga bulan, Dr. Niemeijer mengoreksi kesalahan tulis di 765 hlaman yang telah dikerjakan Ibu Lohanda halaman per halaman. Membandingkannya dengan teks aslinya yang berbahasa Belanda di arsipnya. Menambahkan teks tambahan jika diperlukan.

selanjutnya baca...

30 Des. 2014: Proyek Surat-surat Diplomatik Berhasil Diselesaikan
Tim Arsiparis ANRI, Haris Budiawan dan Yovi bekerjasama dengan dua peneliti muda dari Universitas Leiden, Maarten Manse dan Simon Kemper, menyelesaikan entri menyeluruh dari 4.423 arsip yang memberikan akses ke semua surat diplomatik di Catatan Harian Kastel Batavia. Untuk pertama kalinya, daftar digital penguasa Indonesia telah diciptakan, termasuk di dalamnya nama-nama mereka yang muncul di sumber, dan nama modern mereka.

selanjutnya baca...

15 Okt. 2014: Nota Kesepahaman Kedua ANRI – The Corts Foundation Ditandatangani
Setelah mendapatkan persetujuan komite dari para aparatur pemerintah Indonesia dari berbagai kementerian- termasuk di dalamnya Kementerian Sekretaris Negara dan Kementerian Luar Negeri- Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Mustari Irawan, dan Presiden The Corts Foundation, Egbert Jacobs, menandatangani Nota Kesepahaman Kedua 15 Oktober 2014 – 15 Oktober 2017.

selanjutnya baca...

27 Juni 2014: Surat-surat Diplomatik Ditemukan di Catatan Harian
Di akhir tahun 2013, Maarten Manse, mahasiswa Universitas Leiden, dan Hendrik E. Niemeijer, sejarawan dan manajer proyek The Corts Foundation, menemukan sebuah penemuan yang luar biasa hebat yang didapat berdasarkan kegiatan mereka dalam membaca dengan cermat Catatan Harian Kastel Batavia di khazanah arsip VOC yang disimpan di ANRI. Mereka mengetahui bahwa catatan-catatan harian tersebut sendiri berisi sedikitnya 4.300 surat-surat diplomatik kurun waktu 1683-1743. Setengah dari jumlah tersebut berasal dari para penguasa Asia. Surat-surat ini (“Surat Emas” atau “Golden Letters” di dalam sejarah diplomasi Melayu) adalah terjemahan-terjemahan berbahasa Belanda dari surat aslinya. Penemuan ini muncul di sebuah rencana proyek untuk sebuah pangkalan data yang memungkinkan peneliti dan masyarakat umum mendapatkan akses langsung ke koleksi unik ini. Rencana ini juga meliputi publikasi beberapa surat untuk memberikan contoh-contoh untuk masyarakat Indonesia dan internasional.

selanjutnya baca...

6 April 2014: Pembuatan Indeks Baru
Pada tanggal 7 Maret 2014, sebuah tim terdiri dari tiga ahli yaitu Mona Lohanda, Tjandra Mualim dan M. Haris Budiawan mulai mengerjakan sebuah tugas besar yaitu:membuat indeks nama-nama orang dan indeks nama-nama lokasi geografis. Tim akan membuat dua jenis indeks nama orang: satu indeks nama-nama Asia dan sebuah indeks lain memuat nama-nama Eropa. Dengan membuat indeks nama orang dan indeks nama lokasi geografis, diharapkan peneliti dapat melakukan penelusuran terpisah terkait nama-nama Asia: dari juragan kapal hingga Susuhunan Mataram dan Surakarta. Apabila sudah selesai, indeks-indkes tersebut akan dapat dilihat dalam laman, seperti indeks nama-nama kapal (yang masih akan terus bertambah).

selanjutnya baca...

30 Des. 2013: Tersedia sarana gambar baru
Di bulan Desember 2013, kami telah memasang sarana peneropong gambar yang baru, dengan resolusi yang lebih tinggi dan gambar dapat dipertajam untuk sementara sehingga lebih mudah membaca.

selanjutnya baca...

20 Nov. 2013: Khazanah Marginalia di laman ini terus berkembang hingga kurun waktu 1709 to 1726
Tim konten dengan bangga mengumumkan bahwa lebih dari enam belas ribu entri baru sudah ditambahkan pada pangkalan data marginalia Catatan Harian Kastel Batavia. Tambahan marginalia tersebut merupakan indeks dari Daghregister dari tahun 1709 hingga 1726. Nama-nama kapal juga ditukil dan ditambahkan pada indeks nama kapal yang sudah ada. Kami telah menerbitkan lebih dari 55.000 entri terkait kurun waktu 1682 hingga 1726.Kini tim konten sedang mengerjakan yang terkait dengan dasawarsa 1726 hingga 1736. Diperkirakan seluurh marginalia dari 1682 hingga 1806 akan dapat diterbitkan dalam laman ini, pada pertengahan 2014.

selanjutnya baca...

4 Nov. 2013: Menyajikan laman Sejarah Nusantara
Sajian video khusus dibuat pada peluncuran laman baru Sejarah Nusantara di bulan Oktober 2013. Menjelaskan sasaran proyek, pelestarian arsip VOC yang ada di ANRI, serta pemanfaatan informasi dari arsip digita untuk penelitian ilmiah.

selanjutnya baca...

27 Sep. 2013: Laman Sejarah Nusantara Website resmi diluncurkan pada tanggal 27 September 2013
Laman baru yang dibuat ANRI bersama The Corts Foundation diluncurkan pada konperensi SARBICA yang diselenggarakan di Hotel Savoy Homann, Bandung Indonesia.

selanjutnya baca...