Surat-surat diplomatik Siam secara resmi di diterbitkan

Pada pertemuan budaya internasional of the Dutch Trade Heritage Network se Asia Tenggara, yang diselenggarakan di Baan Hollanda Pusat Informasi (Ayutthaya, Thailand), pada 14 November 2016 sebuah buku telah dipulikasikan tentang surat-surat diplomatik pada abad ke-17 dan ke-18. Surat-surat ini ditemukan dalam arsip VOC Arsip Nasional Indonesia (Arsip Nasional Republik Indonesia, ANRI).

Korespondensi diplomatik ini berisi lebih dari delapan ribu surat, empat ratus yang berhubungan langsung antara kerajaan Siam dan Belanda di Benteng Batavia (Jakarta, Indonesia). Secara khusus sebelas surat telah dipelajari lebih detail oleh sejarawan Thailand dan Belanda dan dibuat dalam bentuk publikasi buku. Publikasikan dalam bahasa Inggris ini sekarang tersedia secara digital.

Buku ini juga telah di serahkan kepada Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Mustari Irawan, Duta Besar Kerajaan Belanda di Thailand, Perdana Menteri Kerajaan Belanda Mark Rutte dan Menteri Kerjasama Pengembangan Luar Negeri Kerajaan Belanda Lilianne Ploumen. 

Pada saat ini sedang menterjemahkan ke dalam Bahasa Thailand. Versi ini diharapkan selesai awal tahun 2017 dan akan di persembahkan kepada Thailand. 

Pada situs ini secara khusus telah di buat surat diplomatik Siam. Lihat: https://sejarah-nusantara.anri.go.id/letters-from-siam/ . Juga artikel secara terpisah dan buku versi digital dapat ditemujkan di situs ini. Publikasi Video dibuat untuk mendukuing Baan Hollanda sebagai pusat sejarah. Kedutaan Besar di Thailand, Arsip Nasional Republik Indonesia dan dan The Corts Foundation.