Proyek Surat-surat Diplomatik Berhasil Diselesaikan

Tim Arsiparis ANRI, Haris Budiawan dan Yovi bekerjasama dengan dua peneliti muda dari Universitas Leiden, Maarten Manse dan Simon Kemper, menyelesaikan entri menyeluruh dari 4.423 arsip yang memberikan akses ke semua surat diplomatik di Catatan Harian Kastel Batavia. Untuk pertama kalinya, daftar digital penguasa Indonesia telah diciptakan, termasuk di dalamnya nama-nama mereka yang muncul di sumber, dan nama modern mereka.

Di Belanda, ahli IT Marco Roling bekerjasama dengan sejumlah ahli piranti lunak untuk menyeleksi piranti lunak untuk membuat pemetaan gegografis dan visualisasi sosial. Hal ini pertama kali dilakukan bahwa data sejarah Indonesia disajikan dengan bantuan aplikasi piranti lunak yang inovatif.

Beberapa sejarawan terkenal, termasuk di dalamnya Prof. M.C. Ricklefs, Prof. Leonard Y. Andaya, Dr. Dhiravat na Pombejra, Dr. Bhawan Ruangslip dan Dr. Ruurdje Laarhoven, berkontribusi di publikasi dari seleksi delapan surat-surat diplomatik ini. Surat-surat 9ini terdapat di rubrik Harta Karun di website ini. Pendahuluan dan terjemahan surat-surat tersebut akan mungkin berguna untuk mahasiswa dan para dosen sejarah Asia awal modern.

Penyelsaian proyek Surat-surat Diplomatik pertama ini berhasil dilaksanakan atas kebaikan dukungan akademik dari Prof. Jos J.L. Gommans dari Universitas Leiden dan bantuan dari Dutch Culture dan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Jakarta.

Lanjutkan ke Surat-Surat diplomatik >>


Surat-Surat diplomatik Harta Karun Documen