Peta De Haan

Pada tanggal 28 Januari 1982, Pemerintah Hindia Belanda membuat sebuah keputusan penting untuk menunjuk seorang pejabat resmi, yang disebut 'Landsarchivaris' untuk mengelola dan memelihara arsip Belanda untuk tujuan penulisan sejarah dan ilmu pengetahuan. Tanggal tersebut menandai terbentuknya  Lembaga Kearsipan serta bertanggung jawab atas arsip-arsip Belanda yang berasal dari awal abad ke-17. Pada waktu itu ditunjuk empat orang ‘Landsarchivaris’ antara 1894 dan 1943. Dr Frederik de Haan menggantikan Landsarchivaris pertama Dr. Jacob Anne van der Chijs setelah kematiannya pada tahun 1905 dan memegang posisi tersebut sampai 1922. Diantaranya de Haan menyelesaikan koleksi dan inventaris peta dari abad ke-17 hingga abad ke-19. Koleksi ini sekarang dipublikasikan di situs web ini, dapat ditelusuri dan diindeks.

Frederik de Haan lahir di Belanda, belajar  Sastra Klasik di Utrecht dan memutuskan untuk pergi ke Hindia Belanda pada tahun 1892, meskipun secara medis  dia tidak cocok dengan daerah tropis. Setelah pindah ke Batavia pada tahun 1895, dia mulai menulis di ‘Tijdschrift Bataviaasch Genootschap’ (TBG). Dia menerbitkan banyak artikel tentang arsip abad 17 dan 18 yang sudah di bawah pengawasan Landsarchivaris van der Chijs.

De Haan dipekerjakan oleh van der Chijs untuk membuat inventaris dan melakukan penelitian di arsip dari 1898 hingga 1902 dan terus menulis dan menerbitkan artikel-artikel. Meskipun de Haan tidak memiliki pendidikan latar belakang kearsipan, dia  memiliki pengetahuan tentang dokumen-dokumen tua melalui terbitan tulisan-nya. Segera setelah dia ditunjuk sebagai pengganti van der Chijs’, de Haan melanjutkan penerbitan “Daghregister gehouden int Casteel Batavia vant passerende daer ter plaatse als over geheel Nederlands-India”. Dia berhasil menerbitkan empat jilid (1678 - 1681) dan secara paralel juga terus mengerjakan delapan jilid “Preanger”. Ia juga menerbitkan karya-karya di Batavia dan Gereja Portugis. 

Meskipun dia seseorang sangat loyal dan berdedikasi, beberapa orang menganggapnya arsiparis buruk. Ada kritikan dari Belanda mengatakan bahwa de Haan tidak lebih dari seorang penyusun publikasi buku sejarah, yang hanya fokus pada karya sendiri dan mengabaikan fungsinya sebagai ‘Landsarchivaris’. Meskipun karya de Haan patut dihargai aktivitasnya di bidang sejarah diperolehnya dengan mengabaikan fungsinya sebagai arsiparis. Dia tidak membantu beberapa peneliti atau masyarakat yang mengunjungi Landsarchief untuk memperoleh informasi, sebagaiamana dinyatakan dalam tugas dan tanggungjawabnya. Tetapi tampaknya situasi di Belanda, tugas utama arsiparis pendahulunya adalah untuk mendukung sejarawan dalam penelitiannya, tidak sama dengan di Hindia Belanda tugas ‘Landsarchivaris lebih fokus melakukan penelitan dan publikasi.  Lebih banyak kritik terfokus pada konservasi dan gedung penyimpanan arsip di Hindia Timur serta ketidak mampuan de Haan untuk memperbaikinya. Tidak kurang pentingnya, dia bukan seorang yang sangat ramah bekerja dengan tangan yang memiliki masalah pendegaran. Selama de Haan cuti ke Belanda pada tahun 1922, dia meminta pensiun dengan hormat pada usia enam puluh tahun.


Koleksi Peta

Salah satu hal yang dilakukan de Haan setelah diangkat menjadi Landsarchivaris” adalah melanjutkan pekerjaan yang dimulai oleh van der Chijs. Beberapa peta yang menarik dari seri lampiran keputusan dipisahkan oleh van der Chijs menjadi satu seri tersendiri dan de Haan melanjutkan dan menyelesaikan tugas tersebut. Dia menambahkan satu inventaris arsip yaitu koleksi peta, dan dia menjelaskan bagaimana dia  menyelesaikan inventaris tersebut. Pendahuluan asli Bahasa Belanda ditampilkan di sini serta terjemahannya.

Teks asli bahasa Belanda

Catalogues der Kaarten verzameling behoorende tot 's Lands Archief te Weltevreden

Toen door ondergeteekende het archief na den dood van Mr. A. van der Chijs werd overgenomen (1 maart 1905) bestaan de kaartenverzameling in eene massa door elkander liggende kaarten van een verschillende opmeetingen, gedeponeered in een kastje met een half dozijn laden.
Wel schijnt de Heer van der Chijs van plan geweest te zijn een catalogus te vervaardigen, althans de kaarten dragen potloodnummers van zijne hand en in zijne kast werd een stapeltje in omslagen gepakte nummerbriefjes aangetroffen, gezamenlijk in een anderen omslag gepakt die tot titel droeg: Inventaris der kaartenverzameling.
De omslagen droegen den titel: Batavia (algem. kaarten) enz., enz. en het was aldus gemakkelijk, met dezen inventaris in de hand te zien welke aangeteekend dat die bekend bij een aangeduide resolutie der Indische Regering. Deze laatste zijn verendelijk uit de bundel bijlagen die resolutie overgenomen; waarin uit die bijlagen niet systematisch doorzoekt zijn, en mij niet bekend weten hoe vele belangrijke kaarten daar in nog scholen, heb ik in maart 1900 de bijlagen stelselmatig doorzocht en alle kaarten er uitgelicht telkens in de bijlagen aanteekening dat dit was geschied en op de kaart zelve waar zij was gevonden.
In het begin van 1906 is vervolgens begonnen van opschikking der kaarten eenvoudig volgens de grootte (wat het zoeken moest vergemakkelijken), met het nummeren enz. Door verkeerde uitvoering van mijne gegeven aanwijzingen zijn in de verschillende portefeuilles de kaarten alleen naar de lengte gerangschikt zonder eenigen mate de breedte in aanmerking te nemen.
Het is waar dat de kaartverzameling, zooals ik die heb geschikt, aan mogelijk kan woorden geband zonder catalogus; daar staat echter tegenover dat met den catalogus alles een spoedig na te slaanen uiterst handig te raadplegen en weer op te bergen, zal zijn; de domste oppasser kan zich in dat laatste niet meer vergissen.
Ad perpetuam rei memoriam heb ik het wenschelijk geacht ter voorlichting meijner opvolgers het bovenstaande te noteeren; zonder dergelijke aanduidingen zal het archief; hen dikwijls voor raadselen plaatsen die niemand meer kan oplossen evenals ik zelf, opschoon ettelijke jaren, met der Heer Van der Chijs hebbende omgegaan en nu en dan wat aangaande archiefsaken vernomen hebbende van zeer vele dingen niet op de hoogte ben gekomen.

6 maret 1906
De Lands Archivaris
De Haan

Terjemahan

Katalog koleksi peta dari ‘Landsarchief’ di Weltevreden

Ketika arsip diambil alih oleh yang bertanda tangan dibawah ini (ed: de Haan) setelah kematian Mr. A. van der Chijs (ed: mantan arsiparis Hindia Belanda, juga dikenal sebagai 'Landsarchivaris') pada tanggal 1 Maret, 1905, koleksi peta adalah sekumpulan peta yang disatukan dari berbagai ukuran yang berbeda, disimpan dalam lemari dengan setengah lusin laci.
Tampaknya maksud dari Bapak van der Chijs untuk membuat katalog, karena peta-peta tersebut memiliki tanda pensil oleh dia sendiri dan di lemarinya ditemukan setumpuk kertas catatan diberi nomor dibungkus dalam sebuah sampul, dan bersama-sama di sampul yang lain dikemas dengan judul: Inventaris koleksi peta.
Sampul-sampul itu memuat judul: Batavia (peta umum), dll. dll. Oleh karena itu mudah menggunakan inventaris ini,  melihat inventaris yang mana yang memiliki catatan yang merujuk pada resolusi Pemerintah Hindia yang mana. Peta-peta ini diambil dari bundel ‘lampiran keputusan’ dan karena bundel-bundel ini tidak diteliti secara sistematis dan saya tidak mengetahui  seberapa banyak peta-peta penting yang masih tersembunyi disana, saya mencari melalui bundel lampiran secara sistematis pada bulan Maret 1900, dan saya menyalin semua peta  dan membuat catatan di bundle lampiran dan juga di peta yang saya temukan. 
Pada awal tahun 1906, pengaturan peta dimulai dengan nomor sesuai dengan ukuran petanya (dengan alasan untuk memudahkan pencarian).  Karena penggunaan yang tidak tepat dari prosedur yang saya berikan, peta dalam portofolio yang berbeda, diatur hanya untuk panjang peta, tidak mempertimbangkan beberapa cara seperti lebarnya.
Hal itu benar bahwa koleksi peta, dengan cara saya menyusun mereka, dapat disatukan tanpa katalog; tetapi pada sisi lain dengan katalog tersebut, semuanya dapat ditemukan dan dikembalikan lagi; pada akhirnya, orang yang paling bodohpun tidak membuat kesalahan lagi.
Yang harus selalu diingat: saya merasa perlu untuk menginformasikan semua catatan diatas kepada pengganti saya. Tanpa refrensi seperti itu arsip akan menjadi misteri  bahwa tidak ada yang dapat  mengerti lagi temasuk saya sendiri, meskipun saya menghabiskan waktu bertahun-tahun dengan tuan Van der Chijs dan telah mendengar tentang beberapa hal kearsipan sekarang dan selanjutnya, saya tidak mampu untuk memahami berbagai hal.

6 Maret 1906
Landsarchivaris
De Haan

Lanjutkan menelusuri koleksi peta >>