Marginalia dari Catatan Harian 1659-1807

Lebih dari 110.000 entri memberi akses kepada 165 jilid Catatan Harian Kastel Batavia. Sumber sejarah penting ini dapat diakses melalui entri sekunder yang rinci, yaitu sebuah pangkalan data untuk penelusuran sejarah. Seperti dapat dilihat dari gambar, di setiap halaman folio ada ringkasan yang ditulis di tepi naskah. Tulisan singkat ini disebut ‘marginalia’. Mona Lohanda dan Hendrik E. Niemeijer telah membuat transkripsi, menyusun dan memberi anotasi pada semua marginalia dari semua jilid Catatan Harian yang memuat marginalia.

Pada akhir tahun, seorang kerani di Kastel Batavia menyalin semua marginalia dari setiap halaman yang ditulis tahun tersebut. Kerani menyusun semua marginalia secara kronologis dari Januari hingga Desember, dan menambahkan daftar tahunan marginalia yang sudah dibuat itu pada halaman-halaman depan dari jilid baru untuk tahun tersebut, sebelum semuanya dijilid. Daftar-daftar tersebut masih dapat ditemukan dalam setiap jilid, di halaman sebelum Januari. Semua daftar marginalia dari semua jilid Catatan Harian yang berisi daftar demikian, sudah dimasukkan ke dalam pangkalan data. Dengan memasukkan semua marginalia ke dalam pangkalan data, maka para peneliti memperoleh rujukan sangat rinci terkait setiap halaman folio dari Catatan Harian. 

Marginalia yang sudah dibuatkan transkripsinya diteliti dengan sangat cermat, suatu proses yang makan waktu bertahun-tahun. Marginalia telah dibuatkan transkripnya dari masing-masing halaman folio. Jika terjadi kesukaran untuk membaca halaman, akibat kertas sudah berubah warna atau digerogoti oleh tinta, maka yang dibuatkan transkripnya adalah bagian-bagian daftar marginalia pada bagian awal sebuah jilid. Sesudah ditranskripsikan, naskah diteliti, yaitu dibandingkan sekali lagi dengan yang asli dan apabila perlu dilakukan pembetulan. Penyusunan sudah pernah dilakukan dan mungkin saja masih ada kesalahan transkripsi. Terkait nama orang atau kapal, maka selain marginalia, naskah itu sendiri dipelajari. Nama depan dibubuhkan pada nama keluarga. Dalam marginalia yang didigitalisasi mungkin terdapat beberapa tambahan kata dari naskah, yaitu apabila naskah sebuah marginalium tidak dapat dimengerti atau dirumuskan secara tidak benar.

Semua surat masuk dan keluar selama kurun waktu 1683-1694 yang tertulis atau disebutkan dalam marginalia diberi tanggal pada catatannya. Tanggal surat hingga tahun 1694 diambil dari naskah. Dalam Catatan Harian abad kedelapanbelas seringkali tidak lagi mencantumkan tanggal pada setiap surat. Tanggal surat ditulis dalam catatan dan diberi tanda kurung [...] dan akan ditampilkan dengan pop-ups. Surat-surat yang disebut dalam Catatan Harian dihubungkan langsung pada TANAP Database of VOC Documents. 

Proyek digitalisasi 2013

Di tahun 2013, semua 165 jilid sudah dialihkan secara digitalisasi oleh ANRI. Arsip digital ini dapat ditelusur dengan bantuan entri sekunder yang rinci. Setiap halaman folio dari tulisan tangan catatan harian berisi ringkasan isi yang ditulis di pinggiran halaman; ringkasan itu disebut ‘marginalia’. Di akhir tahun, kerani menulis ulang semua marginalia dari setiap halaman yang ditulis selama tahun bersangkutan dan meletakannya pada halaman-halaman pertama setiap jilid baru. Semua marginalia dicatat secara berurutan dalam ‘daftar marginalia’ dan kemudian semua halaman depan tersebut ditempatkan pada jilid tahun bersangkutan sebelum dilakukan penjilidan. Untuk membuat sebuah entri sekunder yang rinci, semua marginalia tersebut dimasukkan dalam database (pangkalan data). Dalam perbaikan tahap kedua, setiap marginalium diperiksa serta dirujuk dengan teliti pada marginalia di setiap halaman folio bersangkutan. Setelah semua marginalia dientri ke pangkalan data, maka para peneliti dapat memanfaatkan piranti rujukan mengenai hampir tiap halaman dari dagregister secara rinci.

Penyelesaian pangkalan data marginalia 2014-2016

Peneliti senior ANRI, Mona Lohanda, sejak awal tahun 1990-an, mulai mentranskripsi marginalia dan selama hampir tujuh tahun menuntaskan transkripsi sumber informasi berharga tersebut. Pada tahun 2010, Hendrik E. Niemeijer menyusun serta membuat anotasi untuk semua marginalia; terdiri dari sekitar 6.000 halaman. Transkripsi marginalia diperiksa serta dibandingkan dengan cermat pada setiap halaman. Apabila ada halaman yang catatannya sukar dibaca akibat kertas sudah rusak karena lapuk atau termakan tinta, maka dilakukan verifikasi dengan daftar marginalia. Pemeriksaan ulang transkripsi dengan mencocokan pada catatan asli hanya dilakukan satu kali, dan sebab itu mohon maklum bahwa mungkin masih terdapat kesalahan transkripsi. Terkait nama-nama orang serta kapal, dilakukan rujukan pada teks di sebelah marginalia tersebut. Nama depan orang juga ditambahkan pada nama keluarga/marga. Dalam marginalia digital terdapat beberapa kata tambahan yang diambil dari teks arsip, yaitu apabila terdapat kesalahan pencatatan, atau terjadi kerusakan pada naskah.

Lanjutkan ke penelusuran marginalia >>




Mona Lohanda and Hendrik E. Niemeijer, Marginalia to the Daily Journals of Batavia Castle (1659-1799). A digitized contemporary chronological entry to archives of the Dutch East India Company (VOC). (Jakarta: Arsip Nasional Republik Indonesia / The Corts Foundation, 2013).