Pembuatan Indeks Baru

Pada tanggal 7 Maret 2014, sebuah tim terdiri dari tiga ahli yaitu Mona Lohanda, Tjandra Mualim dan M. Haris Budiawan mulai mengerjakan sebuah tugas besar yaitu:membuat indeks nama-nama orang dan indeks nama-nama lokasi geografis. Tim akan membuat dua jenis indeks nama orang: satu indeks nama-nama Asia dan sebuah indeks lain memuat nama-nama Eropa. Dengan membuat indeks nama orang dan indeks nama lokasi geografis, diharapkan peneliti dapat melakukan penelusuran terpisah terkait nama-nama Asia: dari juragan kapal hingga Susuhunan Mataram dan Surakarta. Apabila sudah selesai, indeks-indkes tersebut akan dapat dilihat dalam laman, seperti indeks nama-nama kapal (yang masih akan terus bertambah).
Sebagian folio 133, berkas arsip 2496 dengan dua nama yang digarisbawahi

Nama-nama orang dan lokasi geografis diambil dari Marginalia Catatan Harian, dan akan dikumpulkan sebagai indeks-indeks yang berdiri sendiri. Contoh berikut diambil dari tanggal 6 Februari 1684:

Tertulis dalam bahasa Belanda: “Den coopman Everhard van den Schuur van Bantam per Inlants vaartuygh met een briefje van den capitein Harman Dircxe Wanderpoel.”

Ada dua nama orang yang digarisbawahi dalam contoh di atas, yaitu “Everhard van den Schuur” dan “Harman Dirxe Wanderpoel”