Nota Kesepahaman Kedua ANRI – The Corts Foundation Ditandatangani

Setelah mendapatkan persetujuan komite dari para aparatur pemerintah Indonesia dari berbagai kementerian- termasuk di dalamnya Kementerian Sekretaris Negara dan Kementerian Luar Negeri- Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Mustari Irawan, dan Presiden The Corts Foundation, Egbert Jacobs, menandatangani Nota Kesepahaman Kedua 15 Oktober 2014 – 15 Oktober 2017.

Kerjasama lanjutan antara pihak-pihak tersebut akan muncul di digitalisasi sedikit series arsip VOC yang tersimpan di depo ANRI di Jakarta Selatan. Petunjuk Program 2014-2017, terlampir di nota kesepahaman, menetapkan untuk digitalisasi dan publikasi di laman Sejarah Nusantara sebanyak 550.000 halaman (sekitar 150.000 dokumen) dari dokumen yang tidak diketahui dari Kastel Batavia terdahulu.

Nota kesepahaman tersebut membuat beberapa rancangan untuk dukungan teknologi dari Belanda, khususnya di bidang penyimpanan data berkelanjutan dan pengembangan manjaemen arsip digital. Bersama-sama dengan beberapa Universitas di Indonesia (Universitas Diponegoro, Semarang; Universitas Indonesia, Depok; Universitas Gajah Mada, Yogyakarta) dan Universitas Leiden, pangkalan data dan publikasi akan disiapkan.