Laman Sejarah Nusantara Website resmi diluncurkan pada tanggal 27 September 2013

Laman baru yang dibuat ANRI bersama The Corts Foundation diluncurkan pada konperensi SARBICA yang diselenggarakan di Hotel Savoy Homann, Bandung Indonesia.

Pada konperensi SARBICAyang diselenggarakan di Bandung Indonesia,laman www.sejarah-nusantara.anri.go.id resmi diluncurkan. Dengan bantuan serta dukungan The Corts Foundation, Arsip Nasional Republik Indonesia berhasil mengimplementasikan proses digitalisasi serta penerbitan dokumen-dokumen tulisan tangan Belanda dari abad ke 17 dan ke 18.

Dalam tahun-tahun depan, laman beserta kandungannya akan ditumbuh-kembangkan dan disempurnakan untuk menyediakan sarana jalan masuk serta penelitian bagi siapa saja yang berminatn pada sejarah Kepulauan Indonesia serta warisan arsipnya.

Pengumuman berita resmi terkait peluncuran:

Sejarah masa lama Nusantara dalam laman baru
Pada hari Jumat, 27 September 2013, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bersama The Corts Foundation meluncurkan sebuah laman baru tentang sejrah Nusantara, yaitu nama kuno bagi Kepulauan Indonesia.

Tersedia ribuan dokumen digital
Laman diperuntukkan bagi semua yang menaruh perhatian pada sejarah modern tahap awal Indonesia dan Asia Tenggara. Laman menyediakan pangkalan data yang rinci serta dapat ditelusuri bagi para peeiliti.

Catatan Ingatan Dunia
Sejumlah koleksi ini dilestarikan dalam Arsip Kompeni Hindia Timur Belanda (VOC), dan di tahun 2004 sudah diterima sebagai bagian dari Catatan Ingatan Dunia UNESCO. Bermakna mereka berstatus koleksi yang dilindungi.
Sejarah Nusantara (Sejarah Kawasan Kepulauan Nusantara)merupakan hasil kerjasama jangka panjang antara ANRI dan The Corts Foundation. Sejarah Nusantara merupakan laman resmi yang dapat diakses melalui www.sejarah-nusantara.anri.go.id.

Sejumlah surat dari para gubernur, raja dan pedagang
Catatan Harian Kastel Batavia (1624-1807) merupakan bagian pertama dari arsip VOC yang didigitalisasi. Merupakan sumber berisi sekitar 80.000 halaman, yang benilai sangat penting terkait sejarah Nusantara dan Asia Tenggara. Ribuan dokumen yang berasal warga Asia.
Catatan Harian itu terdiri dari ratusan surat dari para susuhunan Jawa, para sultan Maluku, para Raja Siam serta para raja Cochin. Merupakan sumber kaya terkait sejarah nasional dan internasional Kepulauan Indonesia. Ketika itu, kawasan Nusantara mempunyai hubungan politik dan ekonomi penting dengan China dan India.

Khazanah Harta Karun
Seleksi dokumen-dokumen unik telah diterbitkan secara daring (dalam jaringan) dalam kategori Harta Karun. Dokumen-dokumen tersebut telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Sepuluh sejarawan internasional terkemuka menulis kata pengantar bagi setiap dokumen.

Bagaimana menghubungi kami
ANRI ( Arsip Nasional Republik Indonesia) berkantor di Jakarta Selatan. The Corts Foundation berkantor di kota Enkhuizen, Negeri Belanda.
The Corts Foundation adalah sebuah badan nir-laba Belanda yang didirikan tahun 2003 dengan dana yang berasal dari wairsan almarhum Kees Corts, yang menaruh minat besar pada sejarah Indonesia dan mendukung sejumlah proyek menarik. 
Sasaran utama badan nir-laba ini adalah mendukung proyek serta prakarsa yang terkait arsip VOC abad ke 17 dan ke 18, serta sejarah Perang Dunia II, khususnya masa pendudukan Jepang di Indonesia serta perang Indonesia (1945-1949).
Bagi yang ingin bertanya, silahkan hubungi [email protected] atau [email protected]